Informasi Kontak

PEJABAT STRUKTURAL IKIP SARASWATI TABANAN

REKTOR IKIP SARASWATI

Nama : Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

PEMBANTU REKTOR 1



Nama : Dr. Drs. Made Kerta Adhi, M.Pd.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

PEMBANTU REKTOR 2



Nama : Drs. I Wayan Sudiarta, MP.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

PEMBANTU REKTOR 3



Nama : Dr. Anak Agung Purwa Antara.M.Pd

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

DEKAN FP. BS



Nama : Dr. Drs. I Nyoman Suaka, M.Si.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

KAPRODI Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia



Nama : Drs. I Wayan SUbaker, M.Hum.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

KAPRODI Pddk. Bhs. Inggris



Nama : Ni Putu Desi Wulandari, S.Pd., M.Pd.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

DEKAN FP. IPS



Nama : Dr. Drs. Nyoman Suryawan,M.Si.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

KAPRODI Pddk. Pancasila & Kewarganegaraan



Nama : Drs. Dewa Nyoman Wija Astawa,M. Pd.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

KAPRODI Pendidikan Sejarah



Nama : I Wayan Gata, S.Pd., M.Si

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

DEKAN FP. MIPA



Nama : Drs. I Ketut Surata, M.For

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

KAPRODI Pendidikan Matematika



Nama : Drs. Gd. Ngr. Oka Diputra,M.Pd.

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

KAPRODI Pendidikan Biologi



Nama : Drs. I Made Sudiana, M.Si

NIP. :

Email :

Alamat :

Info Kontak :

Read More

PROFIL IKIP SARASWATI

SEJARAH IKIP Sarawati

IKIP Saraswati Tabanan didirikan tanggal 1 Oktober 1965. Pada waktu didiri-kan IKIP Saraswati tersebut bernama IKIP Tabanan dan memiliki satu Fakultas dengan tiga jurusan yakni: Fakultas Keguruan dan Ilmu Sosial, dengan jurusan: Jurusan Civic Hukum, Jurusan Sejarah/Antropologi, dan Jurusan Ekonomi – Koperasi. Akan tetapi karena keadaan sosial ekonomi yang kurang mantap dan kekurangan tenaga edukatif, maka jurusan ekonomi- koperasi tidak dapat diperta-hankan kelangsungan hidupnya.

Pada tahun 1972, oleh pendirinya, pengelolaan maupun kepemilikan IKIP Tabanan diserahkan kepada Perguruan Rakyat Saraswati, untuk itu dibentuklah Yayasan Perguruan Tinggi Mahasaraswati Tabanan dengan akte Notaris Amir Syariffudin NO. 65 tanggal 14 Agustus 1982. Pada tahun 1983 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 0403/0/1983 tanggal 24 September 1983 nama IKIP Tabanan di ganti menjadi IKIP Saraswati Tabanan. Semenjak IKIP dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Mahasaraswati Tabanan, kepercayaan masyarakat terhadap IKIP Saraswati Tabanan mulai bertambah besar terbukti dari bertambahnya animo masyarakat untuk masuk IKIP Saraswati Tabanan.

Yayasan Perguruan Tinggi Mahasaraswati Tabanan membuka Fakultas dan Jurusan baru, sebagai berikut : Pada tahun 1980/1981, dibuka Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni dengan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada tahun 1981/1982, dibuka Fakultas Pendidikan Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam dengan jurusan : Pendidikan Matematika. Pada tahun 1982/1983, dibuka jurusan Pendidikan Biologi.

Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 0358/0/1986 tanggal 13 Mei 1986, diadakan penyesuaian nama Unit/Fakultas, janjang dan program pendidikan, sehingga IKIP Saraswati Tabanan memiliki :

  1. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial ; dengan jurusan :
    • P M P dan K N
    • Pendidikan Sejarah
  2. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ; dengan jurusan :
    • Pendidikan Matematika
    • Pendidikan Biologi
  3. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni ; dengan jurusan :
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Dalam perjalanannya, pengelolaan IKIP Saraswati Tabanan mengalami perubahan, berdasarkan akta Notaris Hary Diarkoro,SH No.17 Tanggal 15 Februari 2008, pengelolaan IKIP Saraswati Tabanan diserahkan dari Yayasan Perguruan Tinggi Mahasaraswati Tabanan kepada Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Cabang Tabanan. Kemudian PR Saraswati cabang Tabanan membuat surat keputusan No.526/I.C5/PR/2010 tanggal 10 November 2010 tentang unit yang dikelolanya, termasuk IKIP Saraswati Tabanan.

Tahun 2014, IKIP saraswati membuka program studi Pendidikan Bahasa Inggris Program sarjana berdasarkan surat keputusan Menetri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia nomor 129/ E/ O/ 2014.

Dalam melaksanakan kiprahnya IKIP Saraswati Tabanan senantiasa memperbaharui atau memperpanjang ijin operasional dan akreditasinya sehingga tetap mendapat pengakuan dari pemerintah dan stakeholders. Saat ini secara institusi IKIP Saraswati terakreditasi B oleh BAN-PT. Saat ini juga 5 dari 6 program studi sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

 

VISI IKIP SARASWATI

“Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Swasta yang professional, berkarakter dan kompetitif”

  1. Profesional. IKIP Saraswati mampu menunjukkan jati dirinya sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Swasta (LPTKS) yang paham, terampil dan menguasai ilmu, teknologi dan seni bidang pendidikan melalui pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan Tridharma perguruan tinggi dan kegiatan penunjang Tridharma perguruan tinggi.
  2. Berkarakter. IKIP Saraswati dalam berkiprah senantiasa menjunjung dan berlandaskan nilai-nilai agama, adat istiadat, budaya, norma atau peraturan peraturan/perundang-undangan yang berlaku. Dinyatakan dalam praktik yang berlandaskan nilai-nilai kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca dan menulis, peduli lingkungan, peduli sosial dan bertanggung jawab.
  3. Kompetitif. Bahwa IKIP Saraswati memiliki keunggulan dan kemampuan daya saing dalam kegiatan-kegiatan Tridharma perguruan tinggi dan kegiatan penunjang Tridharma perguruan tinggi.

 

MISI IKIP SARASWATI

Misi yang diemban IKIP Saraswati dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi telah ditetapkan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan suasana akademik yang demokratis, adil, transparan, dan akuntabel, serta menjunjung tinggi akhlak dan nilai kemanusiaan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu
  2. Meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, bertanggung jawab, memiliki daya saing yang tinggi dan mandiri, serta berakhlak mulia.
  3. Pengembangan sarana dan prasarana serta sumber dana pendidikan mendukung secara optimal pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi
  4. Peningkatan pengelolaan administrasi dan pelayanan akademik dengan memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi secara terpadu
  5. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan kemahasiswaan yang berorientasi kepada pembentukan karakter bangsa.

 

TUJUAN IKIP SARASWATI

Berpijak pada visi dan misi di atas, tujuan yang ingin dicapai IKIP Saraswati dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah:

  1. Menjadikan IKIP Saraswati sebagai Pusat Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang profesional dan bermutu.
  2. Menjadikan proses pelaksanaan Tri Dharma yang berkualitas dan lulusan yang profesional, bertanggung jawab, memiliki daya saing dan berakhlak mulia.
  3. Mengupayakan pemenuhan kebutuhan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  4. Menjadi pusat pendidikan tenaga kependidikan yang profesional berasaskan kekeluargaan dan kerakyatan berakar pada sosio-budaya Indonesia
  5. Menjadi LPTK yang melaksanakan pembinaan kemahasiswaan berorientasi kepada pembentukan karakter bangsa.

 

FAKULTAS

  1. FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
    • JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
    • JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
  2. FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
    • JURUSAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
    • JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH
  3. FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI

    • JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
    • JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 

SEKRETARIAT

JL. PAHLAWAN NO. 2 TABANAN, BALI. KODE POS 82113
TELP. 0361814909 , 0361811267
EMAIL : ikipsaraswati@yahoo.co.id | info@ikipsaraswati.ac.id

Read More