Fakultas Pendidikan IPS

  • blog post
  • blog post

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

    1. Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP Saraswati memiliki visi (pandangan atau wawasan jauh ke depan), dan misi (tugas dan kewajiban) harus dilakukan untuk memuliakan lembaga, dalam rangka mengimplementasikan atau mengisi visi yang digariskan.
Mekanisme visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; dilakukan melalui rapat pada program  studi tentang penyusunan dan pengembangan kurikulum, kemudian dibahas lagi pada tingkat Fakultas. Dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melibatkan semua civitas academica (dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, alumni, tokoh pendidikan dan pemangku kepentingan/stakeholders pihak sekolah sebagai pengguna lulusan, sehingga diperoleh berbagai masukan yang dapat digunakan sebagai dasar dalam penyempurnaan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

    1. Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul, inovatif, berjiwa usaha, profesional, berkarakter, dan kompetitif tahun 2025.

Profesional, Program Studi menghasilkan lulusan yang memiliki beberapa kompetensi, cerdas dan bertanggung jawab. Hal ini dilakukan melalui :

  1. Menguasai materi dan pengetahuan yang relevan dengan bidang studi pokok kebahasaan dan terampil melaksanakan proses belajar pembelajaran baik di tingkat SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.
  2. Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan penelitian kebahasaan khususnya yang terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia, penelitian dalam bidang keilmuan praktis untuk pembangunan dan kepentingan masyarakat serta pengembangan ilmu pengetahuan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini.
  3. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

Berkarakter, menghayati dan mengamalkan norma-norma, nilai hukum yang berlaku seperti :

  1. Memiliki kemampuan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila melalui media bahasa, khususnya yang terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Memiliki kemampuan mengamalkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan  bernegara.
  3. Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam upaya mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan pembangunan yang dilaksanakan melalui proses pendidikan.

Kompetitif, Program studi melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan daya saing yang tinggi, sehingga menghasilkan tenaga-tenaga pendidik yang mampu bersaing, baik regional, nasional maupun internasional. Upaya ke arah itu dilakukan dengan cara :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi melalui proses sistem pembelajaran yang memiliki kompetensi tinggi.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak (dalam dan luar negeri) dalam berbagai bidang, guna meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi, manajemen, dan mutu pelayanan.
  3. Memiliki kemampuan akademik dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia dan mempunyai kemampuan untuk berkiprah di luar bidang pendidikan. Menyiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  1. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi guna menghasilkan sumber daya yang profesional.
    2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Bahasa dan Sastra Indonesia yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pegetahuan dan peningkatan mutu pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai aplikasi hasil penelitian, guna menciptakan guna menciptakan sumber daya yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia/berkarakter.
    4. Meningkatkan kualitas kompetensi peserta didik guna menghasilkan sumber daya yang berwawasan global dan kompetitif.
  2. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    1. Menghasilkan lulusan/calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional untuk tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.
    2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan  yang memiliki kemampuan  akademis dan profesional dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
    3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu dan terampil melaksanakan penelitian dalam bidang kebahasaan, dan kesusastraan yang terkait dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia baik untuk keperluan pendidikan dan pengajaran di sekolah, pengembangan keilmuan, maupun keperluan praktis  pembangunan dan kepentingan masyarakat.
    4. Mengasilkan Sarjana  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, bersikap dan berprilaku positif terhadap peserta didik.
    5. Menghasilkan Sarjana  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu dan terampil menghadapi perubahan dinamika sosial.

 

 

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

  1. Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.
    Sebagai salah satu unit dari lembaga pendidikan IKIP Saraswati Tabanan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, memiliki visi (pandangan atau wawasan jauh ke depan), dan misi (tugas dan kewajiban yang harus dilakukan untuk memuliakan lembaga), dalam rangka  mencapai tujuan yang dicita – citakan.
    Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris; dilakukan melalui rapat penyusunan dan pengembangan kurikulum dan rapat renstra pada tingkat Fakultas dan Jurusan. Dalam penyusunan visi dan misi tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah melibatkan semua sivitas akademika (Dosen dan Mahasiswa) dan tenaga kependidikan, alumni, tokoh pendidikan dan stakeholders dalam hal ini pihak sekolah sebagai pengguna LPTK, sehingga diperoleh berbagai masukan yang daspat digunakan sebagai dasar penyempurnaan dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.
  2. Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
    Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menjadi program studi yang professional, berkarakter dan kompetitif di tingkat lokal, nasional dan internasional pada tahun 2027
  3. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
    Sebagai program studi kebahasaan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berupaya menghasilkan tenaga-tenaga pendidik yang:

Profesional :

    1. Mendidik dan mengembangkan sumber daya manusia pada bidang pendidikan terutama Bahasa Inggris dalam rangka membangun generasi yang kompeten dalam berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.
    2. Mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu dalam ranah penelitian dan pengabdian masyarakat demi memajukan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.
    3. Menguasai ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidang studi yang diajarkan pada jenjang SMP maupun SMA.

Berkarakter :

      1. Mengamalkan prinsip – prinsip pilar pendidikan dalam pengajaran Bahasa Inggris
      2. Memiliki idealisme dan komitmen dalam meningkatkan kualitas penguasaan Bahasa Inggris pada mahasiswa.
      3. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia dalam upaya mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan pembangunan yang dilaksanakan melalui proses pendidikan.

Kompetitif:

      1. Membangun dan mengembangkan kerja sama fungsional, dan sinergis di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris baik di tingkat nasional maupun internasional.
      2. Menguasai ilmu kebahasaan (Bahasa Inggris) dan pendidikan sehingga memiliki kompetensi yang tinggi dalam profesinya.
      3. Berkiprah dengan karier di luar pendidikan dan kebahasaan dengan ilmu – ilmu tambahan yang didapatkan semasa kuliah.

       

  1. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
    Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
      1. Mampu menghasilkan lulusan yang professional untuk tingkat SMP, SMA dan SMK
      2. Menyiapkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogi, professional dan sosial serta mampu menerapkan ilmu dan keterampilan bahasa dan sastra Inggris untuk melayani kepentingan masyarakat.
      3. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran, ilmu bahasa dan sastra Inggris.
      4. Menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah pada bidang pariwisata dan entrepreneurship.

       

Read More
  • blog post
  • blog post

PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP SARASWATI

VISI

Terwujudnya Prodi Pendidikan Matematika yang Unggul Menghasilkan sarjana   Pendidikan Matematika yang Profesional, Kompetitif dan Berkarakter

MISI

Misi merupakan penjabaran tentang rumusan tugas, kewajiban, tanggung jawab, dan rancangan tindakan dalam mencapai visi yang telah ditetapkan oleh Prodi. Misi ini menjadi penciri Prodi Pendidikan Matematika. Berdasarkan visi tersebut di atas, misi yang dilaksanakan adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan dan pengajaran yang handal untuk menghasilkan tenaga Pendidikan Matematika yang unggul, berwawasan global, dan berbudaya (berkarakter).
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembang Pendidikan Matematika yang menghasilkan inovasi di bidang Pendidikan Matematika.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Matematika dan yang mendukung program Pendidikan Matematika yang berbasis pada hasil penelitian Pendidikan Matematika.
  4. Melaksanakan pengembangan potensi mahasiswa di bidang penalaran, penelitian, serta untuk menyiapkan studi lanjut.
  5. Mengembangkan, memperkokoh jejaring dan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) dalam Pendidikan Matematika.
  6. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal Prodi Pendidikan Matematika

TUJUAN

Tujuan Prodi adalah rumusan tentang hasil khusus Prodi dalam bentuk profil kompetensi yang diharapkan dari lulusan sesuai dengan kebutuhan dan standar yang ditentukan oleh pengguna (stakeholders) maupun tuntutan pasar kerja. Adapun tujuan Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Saraswati adalah sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul (mampu berkreasi, berinovasi, dan bersaing), berwawasan global, berbudaya (karakter).
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian Pendidikan Matematika untuk menunjang pembelajaran matematika dan publikasi hasil penelitian.
  3. Meningkatkan potensi mahasiswa di bidang penalaran, penelitian, serta untuk menyiapkan studi lanjut.
  4. Memperluas jejaring dan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) dalam Pendidikan Matematika.
  5. Mengembangkan sistem penjaminan mutu internal Prodi Pendidikan Matematika.

Uraian Ringkas Kompetensi Utama Lulusan Prodi Pendidikan Matematika IKIP Saraswati

  1. Aspek Sikap dan Tata Nilai 
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika,
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa,
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
    • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri,
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Aspek Penguasaan Pengetahuan 
    • Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan matematika,
    • Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills),
    • Mampu   merencanakan   dan   melaksanakan   penelitian   pendidikan matematika
    • Memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan bidang pendidikan matematika dan pengajaran teknologi informasi untuk aplikasi dalam berbagai bidang kehidupan yang berkeadaban secara cerdas dan bertanggung jawab,
    • Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang pendidikan matematika dan matematika serta pembelajarannya.
  3. Aspek Keterampilan Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kreatif, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya;
    • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  4. Aspek Keterampilan Khusus 
    • Mampu membuat alat peraga matematika dengan memanfaatkan lingkungan sekitar,
    • Mampu mengunakan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari,
    • Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran matematika serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran matematika,
    • Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan matematika melalui pendekatan secara terintegrasi,
    • Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang Pendidikan Matematika serta pembelajarannya.

Uraian Ringkas Kompetensi Pendukung Lulusan Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali

  1. Aspek Sikap dan Tata Nilai 
    • Memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang Pendidikan Matematika dan teknologi inovatif pembelajaran, melalui pendidikan formal, non formal, maupun informal,
    • Menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah dan masyarakat,
    • Menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai budaya atau kearifan lokal di sekolah dan masyarakat,
    • Menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi di sekolah dan masyarakat,
    • Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
  2. Aspek Penguasaan Pengetahuan
    • Memahami dan terampil dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran,
    • Menguasai dasar-dasar teoritis dan teknik penyajian laporan kegiatan/pekerjaan, baik secara tertulis maupun lisan, dengan teknik penyajian/presentasi yang efektif dan menarik;
    • Terampil melakukan berbagai analisis laboratorium berbasis Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Matematika.
    • Mempunyai komitmen tinggi untuk melakukan publikasi ilmiah terhadap hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.
    • Memiliki kepekaan dan mampu memecahkan masalah-masalah dalam masyarakat terutama berhubungan dengan pendidikan dan pengetahuan matematika.
    • Memiliki kemampuan untuk mengembangkan jiwa kewirahusahaan
  3. Aspek Keterampilan Umum
    • Mampu berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan dalam konteks akademis dan pekerjaan sebagai pendidik matematika serta di bidang kewirausahaan,
    • Mampu mengoperasikan aplikasi microsoft office berupa microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft access, serta mampumengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks akademik dan pekerjaan sebagai pendidik matematika serta dalam bidang kewirausahaan.
  4. Aspek Keterampilan Khusus 
    • Mampu menganalis data statistik dan memaknainya dengan menggunakan aplikasi program komputer, seperti: spss, matlab, minitab, maple, dan R
    • Mampu mengoperasikan aplikasi adobe flash, geogebra untuk membuat media pembelajaran matematika berbasis komputer.
    • Mampu membina ekstrakurikuler klub matematika di sekolah
    • Penguasaan softskill kewirausahaan

Uraian Secara Ringkas Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali

  1. Aspek Penguasaan Pengetahuan 
    • Mampu menguasai materi mata kuliah untuk jenjang studi lanjut,
    • Memiliki kemampuan mengajar matematika untuk tujuan-tujuan khusus
  2. Aspek Keterampilan Khusus
    • Mampu membuat perangkat statistik untuk kebutuhan sekolah maupun masyarakat,
    • Penguasaan softskill yang meliputi kepemimpinan, kreativitas, dan motivasi kerja.
    • Mampu membuat alat peraga sederhana untuk anak berkebutuhan khusus

 

PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN BIOLOGI

1. VISI DAN MISI

VISI :
“Menjadi Program Studi unggul yang profesional, berkarakter, dan kompetitif dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan biologi”.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran yang ENASE (efektif, nyaman, aman, sehat) dan inovatif berbasis konsep-konsep ilmu biologi dan ilmu pendidikan biologi dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan biologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, peningkatan mutu pendidikan biologi, dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan pendidikan biologi.
  4. Menyelenggarakan tata pamong program studi otonom, akuntabel, dan tranfaran yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan dan penerapan pendidikan biologi.

2. TUJUAN
Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, Program Studi Pendidikan Biologi merumuskan tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam pendidikan biologi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pendidikan biologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja Program Pendidikan Biologi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan.
  5. Menghasilkan kerjasama yang produktif dan efektif  melalui beragam kegiatan kolaboratif untuk pengembangan dan penerapan pendidikan biologi.

 

3. PROFIL LULUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

  1. Pendidik Biologi
  2. Peneliti Pendidikan Biologi
  3. Wirausahawan Bidang Pendidikan dan Biologi

 

4. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S-1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2014, maka Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Prodi S-1 Pendidikan Biologi memuat kompetensi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian pembelajaran yang ditetapkan untuk mencapai SKL menggunakan rumusan CP dari Asosiasi Program Studi Pendidikan Biologi Indonesia (APSPBI) yang telah disepakati 8 Desember 2015 di Singaraja Bali sebagai berikut.

 a. Sikap

  • bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • berkontribusi    dalam    peningkatan    mutu    kehidupan    bermasyarakat,    berbangsa, bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila;
  •  berperan   sebagai   warga   negara   yang   bangga   dan   cinta   tanah   air,   memiliki nasionalisme  serta rasa  tanggungjawab  pada negara dan bangsa;
  • menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • menunjukkan  sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang  keahliannya  secara mandiri;
  • menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran biologi.

b. Keterampilan Umum

  • mampu  menerapkan  pemikian  logis,  kritis,  inovatif,  bermutu,  dan  terukur  dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  • mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  • mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  • mampu  memelihara  dan  mengembangkan  jaringan  kerja  sama  dan  hasil  kerja  sama didalam maupun di luar lembaganya;
  • mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  • mampu berkomunikasi secara efektif dan empatik dengan peserta didik;
  • mampu  berkomunikasi  secara efektif, empatik,  dan  santun  dengan  sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

c. Keterampilan Khusus

  • Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam merancang  pembelajaran biologi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta  sesuai  dengan  Standar  Nasional  Pendidikan,  permasalahan  di  kelas  dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga menghasilkan desain pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif dan mengembangkan potensi setiap peserta didik.
  • Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang mendidik dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pendidikan dan mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
  • Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melakukan penilaian proses dan hasil belajar biologi secara sistematis danberkesinambungan dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan  Standar Nasional Pendidikan, permasalahan siswa, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga menghasilkan informasi  yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
  • Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah menengah melalui kegiatan telaah kurikulum sehingga menghasilkan indikator, bahan ajar, instrumen penilaian, strategi, dan media pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  • Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peserta didik.
  • Mampu  membelajarkan konsep biologi dengan menerapkan pedagogy specific yang mempertimbangkan sifat dan karakteristik konsep biologi  sebagai implementasi dari technological pedagogical content knowledge (TPCK) sehingga siswa mencapai tujuan pendidikan abad 21.
  • Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IPTEKS.
  • Mampu  mengambil  keputusan  hasil  belajar  peserta  didik  dalam  pembelajaran biologi, pemberian tindak lanjut serta pelaporannya,   berdasarkan analisis data asesmen.
  • Mampu  mengambil  keputusan  perbaikan  mutu  pembelajaran  biologi  di  kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif.
  • Mampu bertanggungjawab terhadap tugasnya sebagai pendidik serta menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri sebagai pendidik, dan mampu berkomunikasi secara efektif, berlandaskan kode etik guru, baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat.

d. Keterampilan khusus tambahan sebagai Pendidik Biologi

  • Mampu mengkreasi praktik-praktik pembelajaran biologi yang inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan IPTEKS.
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran biologi berdasarkan karakteristik dan potensi siswa sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal.
  • Menguasai keterampilan dan keselamatan kerja serta kemampuan manajerial pengelolaan kelas dan laboratorium sekolah dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS.

e. Keterampilan khusus tambahan sebagai Peneliti Pendidikan Biologi

  • Mampu mengkreasi temuan inovatif dan kreatif untuk meningkatkan mutu pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS.

f. Keterampilan khusus tambahan sebagai Wirausahawan Pendidikan dan Biologi

  • Mampu mengkreasi produk-produk pendidikan biologi dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK.
  • Mampu melakukan kegiatan agroindustri dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS.

g. Pengetahuan

  • Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah.
  • Menguasai konsep teoritis pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi melalui proses berpikir ilmiah, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi.
  •  Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media, dan evaluasi untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

h. Pengetahuan Tambahan sebagai Peneliti Pendidikan Biologi

  • Menguasai filosofi, konsep, prinsip, dan metode penelitian pendidikan biologi di tingkat kelas, sekolah, maupun kebijakan pendidikan biologi dari pemerintah dan menerapkannya dalam kegiatan penelitian pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat.

i. Pengetahuan Tambahan sebagai Peneliti Pendidikan Biologi

  • Menguasai filosofi, konsep, prinsip, dan metode penelitian pendidikan biologi di tingkat kelas, sekolah, maupun kebijakan pendidikan biologi dari pemerintah dan menerapkannya dalam kegiatan penelitian pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat.
  • Menguasai filosofi, teori, konsep, prisip, dan teknik agroindustri berkelanjutan untuk mendukung kemampuan berwirausaha.
Read More